Minggu, 10 Februari 2013

Yen di level terlemah di dua setengah tahun


Financeroll — Yen terdepresiasi ke level terlemah di dua setengah tahun terhadap dolar dan euro di tengah spekulasi Perdana Menteri Shinzo Abe akan memilih Gubernur Bank Sentral baru yang akan meningkatkan stimulus moneter.

Mata uang Jepang tersebut menuju ke penurunan mingguan ke 12 terhadap dolar setelah sebuah laporan menunjukkan tingkat pengangguran naik dan pengeluaran rumah tangga jatuh. Euro menguat untuk hari keempat terhadap dolar karena data menunjukkan manufaktur di wilayah 17 negara tersebut sedikit menyusut pada bulan Januari dari perkiraan sebelumnya. Indeks dolar turun sebelum laporan yang diperkirakan oleh para ekonom akan menunjukkan pengusaha AS menambahkan lebih banyak pekerja.

Yen merosot 0,5 persen ke level 92,13 per dolar AS terpantau hingga pukul 07:33 pagi waktu New York, setelah sebelumnya sempat menyentuh level 92.30, level terlemahnya sejak Juni 2010. Yen tergelincir 1 persen ke level 125,74 per euro, setelah mencapai level bawah 126,16, setidaknya sejak April 2010.

Menteri Ekonomi Jepang Akira Amari kepada wartawan di Tokyo hari ini mengatakan bahwa Abe dapat mempersempit daftar calon untuk menggantikan Gubernur BOJ Masaaki Shirakawa, yang masa jabatannya berakhir pada bulan April. Di tengah tekanan pemerintah, bank sentral bulan lalu meningkatkan dua kali lipat target inflasi menjadi 2 persen dan mengumumkan pembelian aset yang dimulai tahun depan.

Yen telah jatuh 7,1 persen tahun ini, penurunan terbesar di antara 10 mata uang pasar berkembang-yang tercatat oleh indeks korelasi berimbang Bloomberg. Dolar turun 0,6 persen dan euro naik 3,2 persen.

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami www.kumpulbagi.com atau www.facebook.com/kumpulbagi/ untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus