Rabu, 26 Desember 2012

Cara Memilih Pair


Pemilihan pair dapat dikategorikan hal terpenting sebelum Anda melakukan transaksi di dalamnya. salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam trading adalah karena Anda dapat memahami karakteristik dari suatu pair tertentu. Pemilihan ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kerugian dan memaksimalkan keuntungan trading. Cukup manfaatkan pair yang dianggap paling aman, paling nyaman, dan paling menyenangkan.


Berdasarkan Range
Pergerakan rata-rata harian merupakan pilihan yang paling dicari-cari oleh trader. Karena mengindikasikan arah trend dan kemana trend tersebut akan berlanjut. Khusus bagi pemula atau yang masih ingin mencari pair yang cocok, Anda bisa menemukan pair dengan range yang relatif kecil. Pair EURUSD merupakan pair favorit yang dipilih oleh trader karena pergerakan rata-rata yang masih dibawah 150 point.


Bila ingin trading lebih santai dan tidak terlalu tegang, Anda bisa menggunakan pair NZDUSD. Pair ini memiliki pergerakan rata-rata harian kurang dari 70 point. Bagi Anda yang ingin trading sedikit lebih ekstrim, bisa memanfaaatkan pair GBPUSD. Pergerakan rata-rata harian bisa mencapai kurang dari 200 point. Anda bisa menggunakan pair GBPUSD untuk mencari peluang profit yang lebih banyak.


Sedangkan untuk pair yang paling ekstrim adalah trading Gold serta komoditas mata uang yang belum dikenal sebelumnya. Pergerakan rata-rata harian gold mencapai kurang dari 2500 point. Mengingat pergerakan yang cukup tinggi ini diharapkan trader dapat memilih pair mana yang cocok untuk akun Anda.


Berdasarkan Volatelitas
Gejolak pasar yang tinggi menjadikan pair susah diprediksi. Namun sebagian orang akan suka dengan pair seperti ini. Sebuah tantangan tersendiri untuk bisa melakukan trading yang hebat pada suatu pair bila berhasil melewati pergerakan yang sulit. Salah satu pair dengan volatelitas harga tinggi adalah GBPUSD, GBPJPY, dll.


Volatelitas yang ditampilkan pada chart selalu bergerak cepat. Baik posisi short maupun longnya akan selalu berulang lebih cepat dibandingkan dengan rata-rata pair lain. Untuk pair AUDUSD, EURUSD, atau USDCAD, volatelitas harga yang ditampilkan secara short/long terkadang tidak menentu. Biasanya pergerakan untuk pair tersebut akan selalu membentuk trend dan mengesampingkan posisi pembalikan trend.


Berdasarkan News
Hampir seluruh pair major memiliki news untuk mendorong terjadinya pergerakan dan volatelitas. Namun yang paling sering dan umum adalah news dari EUR, GBP, USD, AUD, JPY. Sedangkan news untuk mata uang lain sebagian kecil yang mendominasi. Untuk itu trading pada saat terjadi news pada pair akan dapat diandalkan dalam memperoleh profit yang berlipat ganda.


Gunakan salah satu yang Anda bisa, dan yang Anda minati untuk melakukan transaksi. Ketika pergerakan harga meningkat, volalititas harga membesar, disitulah peluang profit terbuka lebar. Tradinglah sesuai kemampuan, dan manfaatkan peluang sesuai yang Anda harapkan.


Kesimpulan
Pemilihan pair yang bisa memberikan peluang besar dalam memperoleh profit merupakan langkah strategis dalam mengoptimalkan keuntungan. Pemilihan dari berdasarkan range, volatilitas, dan news akan sangat membantu Anda fokus pada salah satu pair yang paling dianggap menyenangkan, dan nyaman untuk digunakan. Fokuskanlah salah satu pair yang Anda minati, gunakan untuk transaksi, dan pahami karakteristik pair tersebut. Mudah-mudahan transaksi Anda mampu meraih keuntungan yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar