Senin, 28 Januari 2013

laporan Earning Jepang Akan Jadi Perhatian Pasar Asia


Laporan earnings di Jepang tampaknya akan jadi perhatian pasar asia dipekan ini. Berbagai korporat Jepang kini memasuki laporan tahun fiskal ketiga nya yang berarti kurang begitu signifikan namun bisa dijadikan indikator pertumbuhan tahunan.

Diperkirakan berbagai industri Jepang masih tunjukkan penjualan yang flat dari tahun ke tahun, namun beberapa saham tertentu masih potensial menunjukkan kejutan setelah pulih dari gempa di 2011. Meskipun ada kendala boikot beberapa produk ekspor oleh China, namun imbas nya ternyata tidak terlalu separah yang ditakutkan sebelumnya.

Laporan pendapatan Honda yang akan menjadi fokus di pekan mendatang, diekspektasi menunjukkan laporan pertumbuhan penjualan 25% YoY, diikuti dengan perkiraan kenaikan profit operation hingga 5% - 6%. Kenaikan laju laba produsen otomotif seperti Honda juga turut ditopang oleh pelemahan Yen sejak Q3 dipengaruhi kebijakan Shinzo Abe.

Dari sisi ekonomi, hasil survey Tankan juga dapat menambah optimisme, perbaikan kondisi global untuk pasar ekspor seharusnya dapat memperbaiki jumlah produksi industri di Jepang setidaknya menjadi 1% pertumbuhan Year-on-Year.

Sementara mantan petinggi pemerintahan Jepang Eisuke Sakakibara berpendapat :
" Pelemahan yen mungkin tidak akan berlanjut pasca kencangnya pelemahan dalam waktu yang singkat "

USD/JPY telah melemah 13% dalam tiga bulan terakhir hingga sempat menyentuh 90.25 akibat merebaknya harapan akan pelonggaran moneter yang agresif dari Bank of Japan. Pada pertemuan Januari, BoJ menaikan target inflasi menjadi 2% dan umumkan program pembelian obligasi dalam jumlah tidak terbatas mulai tahun 2014.

1 komentar:

  1. eToro is the most recommended forex trading platform for beginning and pro traders.

    BalasHapus